Kisah Teladan Pemuda Miskin Yang Buruk Rupa

Saturday, June 11th, 2016 - Dongeng Anak

Kisah Teladan Pemuda Miskin Yang Buruk Rupa. Mari kita simak kisah cerita teladan ini selengkapnya.

Kisah Kisah Teladan Pemuda Miskin Yang Buruk Rupa

kisah teladan, cerita teladan, kisah kisah teladan, kumpulan kisah kisah teladan

Kisah Teladan
gambar via keluargacinta.com

Pada zaman dulu kala, hidup seorang pemuda miskin yang memiliki wajah buruk. Dia sangat tekun sekali bekerja, selain tekun bekerja, ia juga mempunyai hoby memancing ikan di sungai. Pemuda itu bekerja serabutan, kadang dia mencangkul disawah orang, kadang mencari kayu disuruh tetangganya. Dia rajin sekali demi memperbaiki ekonomi nya yang sangat minim. Hari demi hari ia lewati di desa, hingga pada suatu saat ia sempat berpikir untuk pergi mengadu nasib di kota.

Baca juga : dongeng anak islami miskin tapi dermawan

Setelah berpikir beberapa hati, akhirnya ia mantap pergi ke kota untuk mengadu nasib. Dengan membawa bekal apa adanya, berangkatlah pemuda itu. Setelah sampai di kota, ia mencoba memasukkan lamaran di perusahaan dan pabrik. Namun tak ada satu pun yang menerimanya. Karena ijazahnya cuma SD, dan yang dicari adalah lulusan SMA. Tak terasa sudah satu bulan pemuda itu di kota, bekal semakin menipis. Dengan perasaan bingung ia tetap harus milih, tetap tinggal di kota atau pulang ke desa.

Tuhan memang tak membiarkan hambaNya kesusahan, disaat pemuda itu bimbang, tiba-tiba ada seseorang yang menawari pekerjaan menjadi tukang kebun. Tak ada pilihan lain, demi menyambung hidup di kota, akhirnya pemuda itu menerimanya. Waktu terus berlalu, hari demi hari ia lalui bekerja sebagai tukang kebun. Tampaknya pemuda itu tidak betah bekerja sebagai tukang kebun. Ia akhirnya keluar dari pekerjaan itu dan mencari pekerjaan lain yang lebih layak dan berpenghasilan banyak.

Setelah satu minggu menganggur, ia terus mencari pekerjaan lagi. Ada sebuah proyek pembangunan gedung besar, pemuda itu mencoba melamar kesana sebagai tukang bangunan. Karena pemuda itu tidak memiliki keahlian di bidang bangunan, akhirnya ia cuma diterima menjadi pembantu tukang atau laden bangunan. Tak berapa lama ia keluar lagi dari pekerjaan itu. Pemuda itu menganggur lagi, ia berjalan kesana sini untuk mencari pekerjaan lagi.

Baca juga : dongeng anak terbaru si miskin dan si kaya

Saat pemuda itu duduk istirahat di taman kota, ada sesuatu yang menyandung di kakinya, ia mencoba mencari tahu benda apa itu. Ternyata sebuah botol yang bagian bawahnya terpendam di tanah, ia menggali tanah itu dengan tangannya dan mengambil botol itu. Namun tiba-tiba, pemuda itu dikagetkan ada asap yang keluar dari botol itu.

“Wahai pemuda, terima kasih atas pertolonganmu, aku sudah bertahun-tahun berada di dalam botol ini. Sebagai balasan, mintalah sesuatu padaku, aku akan memberikannya.” terdengar suara pada asap itu.

Pemuda itu nampaknya bingung, ia sedikit takut, tidak ada seorang pun disini tapi mengapa ada suara?.

“Maaf aku tidak sengaja, siapakah kamu sebenarnya?” tanya pemuda itu.

“Jangan takut, aku adalah Jin penunggu taman kota ini. Aku akan menolongmu karena sudah mengeluarkanku dari botol ini.” jawab Jin dalam botol.

“Baiklah, aku ingin memiliki wajah yang tampan” pinta pemuda itu.

“Hahahahaaa.. Itu sangat mudah” jawab Jin dalam botol.

Tiba-tiba tubuh dan wajah pemuda itu tersembur asap yang di keluarkan jin dalam botol itu. Tak beberapa lama wajah pemuda itu menjadi sangat tampan dan kulitnya menjadi putih bersih.

“Hahahaaa.. pemintaanmu sudah aku kabulkan, sekarang lihatlah dirimu” teriak Jin.

“Sekarang aku ingin kaya, aku minta uang yang banyak sekarang juga” pinta pemuda itu.

Di depan pemuda itu disemburkan lagi asap putih, dan secara tiba-tiba, ada sebuah tas yang berisi uang ratusan juta.

“Permintaanmu sudah aku wujudkan. Aku berpesan kepadamu anak muda, jangan kau gunakan semua ini untuk tujuan yang tidak benar. Gunakanlah untuk membantu sesama dan untuk tujuan baik lainnya” pesan Jin itu.

“Dan perlu kamu ingat baik-baik anak muda, jika pesanku ini kau langgar, semua akan menghilang tiba-tiba dan kamu akan berubah menjadi seperti semula lagi” tambah Jin itu.

“Baiklah, aku akan mengingat baik-baik pesanmu ini” jawab pemuda itu.

Setelah beberapa minggu, pemuda itu tidak pulang ke desa, namun ia malah bertahan di kota. Tanpa disadari, pemuda itu melanggar pesan jin, ia menggunakan uang itu untuk hal yang tidak benar. Ia gemar ke tempat-tempat hiburan dan bersenang-senang disana. Secara tiba-tiba, uang itu lenyap dan wajah pemuda itu kembali seperti semula menjadi buruk rupa. Pemuda itu menyesal telah melanggar janjinya, namun nasi sudah menjadi bubur. Akhirnya pemuda itu kembali ke desa dan hidup seperti biasanya.

Baca juga : dongeng anak singkat liburan ke rumah nenek

“Sekecil apapun rejeki yang kita dapatkan harus kita syukuri, semakin kita bersyukur makan Tuhan akan semakin memberi rejeki lebih kepada kita. Dan kemuliaan seseorang bukan dilihat dari tampan atau kaya, namun dari tingkah laku dan budi pekerti yang baik.”

Demikianlah Kisah Teladan Pemuda Miskin Yang Buruk Rupa. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cerita sedih pemuda miskin
  • kisah pemuda miskin yang sukses
  • kisah pemuda miskin
  • kisah teladan
  • cerita pemuda miskin menjadi kaya
  • Kisah Pemuda
  • kisah teladan pemuda sholeh
  • Cerita pemuda miskin
  • dongeng putri miskin
  • pemuda miskin
  • Cerita pemuda
  • kumpulan kisah kisah teladan
  • kisah miskin
  • kisah teladan orang miskin
  • kisah sedih pemuda miskin
  • cerita teladan anak
  • cerita orang miskin
  • kisah teladan com
  • cerita sedih anak miskin
  • Cerita sedih dulu
Kisah Teladan Pemuda Miskin Yang Buruk Rupa | Tukang Dongeng | 4.5