Dongeng Anak Islami Lebaran di Kampung

Saturday, June 25th, 2016 - Dongeng Islami

Dongeng Anak Islami Lebaran di Kampung. Mari kita simak dongeng lebaran selengkapnya.

Dongeng Anak Idul Fitri

Di sebuah kota yang padat, hiduplah sebuah keluarga yang bermukim di perumahan tengah kota. Sebut saja keluarga Pak Dahlan, beliau mempunyai dua putri yang bernama Siva dan Sava. Istri pak Dahlan bernama bu Hasanah. Keluarga ini sangat disiplin mendidik anaknya tentang agama. Setiap kali Ramadhan datang, Siva dan Sava selalu diajarkan untuk puasa sehari penuh, Hingga sampai saat ini, mereka sudah terbiasa melakukannya.

dongeng anak islami, dongeng anak idul fitri, dongeng anak lebaran

Dongeng Anak Idul Fitri
gambar via lyssasecret.com

Pada Puasa Ramadhan tahun ini, Siva dan Sava selalu rajin ke masjid untuk sholat tawarih, mereka sekeluarga berangkat bersama-sama menuju masjid perumahan.

Baca juga : dongeng anak puasa bersabarlah Syamil

“Ayah, Sava duluan ya. Sava ingin di Saf paling depan” ucap Sava.

“Ayah, Siva juga ya” sahut Siva.

“Iya nak, hati-hati tidak usah tergesa-gesa” jawab Ayah.

Siva dan Sava bergegas ke masjid duluan karena Adzan Isya sudah berkumandang. Jamaah pun sudah berdatangan ke masjid. Warga sekitar tak mau ketinggalan, mereka berbondong-bondong menuju masjid.

“Tak terasa ya puasa sudah memasuki minggu terakhir, masjid pun selalu ramai, semoga setelah puasa masjid masih tetap ramai” kata Pak RT.

“Iya pak, semoga setelah Ramadhan berlalu, masjid masih dipenuhi jamaah yang luar biasa seperti ini” ucap Pak Dahlan.

Waktu terus berjalan dan tak terasa Ramadhan memasuki hari terakhir. Para pengurus masjid mempersiapkan semua keperluan untuk tak keliling nanti malam. Sementara di rumah Pak Dahlan, Ibu Hasanah terlihat sedang sibuk memasak opor ayam untuk lebaran esok hari. Siva dan Sava sedang asyik membantu ibu memasak.

“Ibu, Besok setelah Sholat Ied, kita keliling perumahan agak awal ya” kata Ayah.

“Memang kenapa Yah?” tanya Siva.

“Ayah mau lebaran di kampung, nak. Ayah rindu nenek” sahut Bu Hasanah.

“Berarti besok kita mudik dong yah?” tanya Sava.

“Iya sayang, besok kita lebaran di rumah nenek” jawab Pak Dahlan.

“Horee, kami juga rindu nenek, yah” teriak Sava dan Siva.

“Iya, nak. Kami juga. Lebaran kemarin kan Ayah tidak bisa pulang kampung, jadi lebaran kali ini kita akan menjenguk nenek di kampung” ucap Pak Dahlan.

Baca juga : dongeng anak singkat liburan ke rumah nenek

Adzan Magrib sudah mulai berkumandang, setelah satu bulan melaksanakan puasa Ramadhan, manusia seperti terlahir kembali. Itulah yang dirasakan setiap penghujung Ramadhan. Setelah Sholat magrib selesai. Gema Takbir menyebut Asma Allah berkumandang di setiap masjid. Saling bersahutan dan sangat merasuk di kalbu.

“Mendengar suara Takbir, hati Ayah terasa damai dan air mata ini tak kuasa membasahi pipi ini, Bu” ucap Pak Dahlan.

“Iya yah, Ibu juga merasakan seperti Ayah. Semoga puasa kita tahun ini bisa membuat kita sekeluarga lebih baik lagi” jawab Ibu Hasanah.

“Amin. Ngomong-ngomong dimana tadi Siva dan Sava?” tanya Pak Dahlan.

“Tadi sewaktu Ayah ke kamar mandi, mereka sudah berangkat ke masjid duluan, mereka tadi pamit Ibu kok Yah” jawab Ibu Hasanah.

“Iya bu, sekarang kita berangkat ke masjid” ajak Pak Dahlan.

“Ibu Wudlu dulu ya Ayah” jawab Bu Hasanah.

Sementara itu, di masjid setelah Sholat Isya, anak-anak sudah bersiap di halaman masjid dengan membawa oncor untuk menerangan tak keliling perumahan. Mereka sangat antusia mengikuti Takbir keliling. Siva dan Sava pun tak ketinggalan, mereka mengatur adik-adik kecil untuk berbaris rapi sebelum Takbir keliling di mulai.

Esok harinya, semua melaksanakan Sholat Ied di Masjid perumahan. Setelah selesai, mereka saling bersalam-salaman dan saling bermaaf-maafan. Setelah selesai bermaaf-maafan, Pak Dahlan sekeluarga berangkat mudik ke kampung halaman. Setelah tiba di kampung halaman, Pak Dahlan sekeluarga sungkem sama nenek. Keluarga besar berkumpul di hari yang Fitri ini, mereka saling melepas rindu dan saling memaafkan di lebaran yang penuh maaf ini.

Demikianlah Dongeng Anak Islami Lebaran di Kampung. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cerita anak lebaran
  • cerita anak tema legowo
  • anak islami
  • cerita anak islami berjudul
  • cerita anak tentang masjid
  • cerita pendek anak muslim yg di siplin waktu
Dongeng Anak Islami Lebaran di Kampung | Tukang Dongeng | 4.5