Dongeng Anak Islami Lebaran Bukan Untuk Berpesta

Thursday, June 30th, 2016 - Dongeng Islami

Dongeng Anak Islami Lebaran Bukan Untuk Berpesta. Mari kita simak dongeng anak Islami selengkapnya.

Dongeng Lebaran Bukan Untuk Berpesta

dongeng lebaran,dongeng idul fitri,dongeng anak islami,dongeng dodo dan syamil

Dodo dan Syamil
gambar via youtube.com

Pada suatu malam sehabis sholat tarawih, Dodo  bergegas pulang dengan tergesa- gesa. Ia hendak berkemas untuk persiapan mudiknya ke Tanah Rencong di rumah neneknya. Hati Dodo pun berbunga-bunga kendati akan bertemu dengan neneknya tercinta.

Baca juga : Dongeng anak singkat liburan ke rumah nenek

Ketika dalam perjalanan pulang, Dodo  kebetulan  berpapasan dengan Syamil sambil membawa al qur’an untuk tadarus selepas sholat tarawih. “Assalamu’alaikum , Do..Kamu mau kemana , Do? Kok pulang tarawih lari-lari gitu?? Tanya Syamil. “Wa’alaikumsalam, Mil..Iya, selepas tarawih ini nanti aku , Kakakku,  Abahku dan Umiku ku mau mudik kerumah nenek. Jadi, aku harus segera berkemas , Mil. Hehehe…” Jawab Dodo. “oh, begitu ya…memangnya rumah nenek kamu dimana , Do?” sahut Syamil.

“Rumah nenekku di Tanah Rencong, Aceh, Mil. Sudah lama sekali kita tidak berlebaran di sana ” Jawab Dodo dengan riang. “Wah, Do…Pasti seru sekali ya, Do.”

“Tapi, Do, apa kamu tahu apa itu lebaran?” Tanya Syamil sembari melirik canda Dodo. Mendengar pertanyaan Syamil, Dodo terperana dengan pandangan mata kosong. Seolah-olah memperlihatkan bahwa Ia benar-benar tidak tahu sama sekali apakah lebaran itu.

Baca juga : Dongeng anak islami lebaran di kampung

“A..a.. aku tidak tahu ,Mil. Hehehe…Maaf Mil,yang aku tahu lebaran itu ya pesta.” Jawab Dodo dengan wajah polosnya.

Dengan senyum simpul manisnya, Syamil pun menyahut jawaban Dodo tadi “Waduhhh,,Dodo.Apa kamu benar-benar tidak tahu? Kan di sekolah kita sudah pernah dijelaskan mengenai adab berlebaran?”Apa kamu lupa, Do?”

“Ah kamu, Mil. Apa kamu tidak tahu, aku kan ga pernah fokus kalau di kelas.Hahahaha…” Memangnya lebaran itu apa sih , Mil?” “Ya, sudah aku jelaskan ,Do..Kita sambil jalan ya.” Lebaran itu artinya  Hari Raya Kesucian atau bisa juga diartikan sebagai Hari Kemenangan umat Islam.

Kemenangan disini adalah bentuk dari kemenangan dalam menggapai kesucian atau perwujudan dari kembali kepada keadaan  fitrah (Fitri). Tapi , Do..memang kalau lebaran itu identik dengan tradisi mudik, halal bihalal, kesuka citaan, hidangan kue lebaran dan lain sebagainya. Begitu Do…Sekarang kamu sudah paham apa belum ,Do?” Tanya Syamil.

Baca juga : Dongeng tentang puasa bersabarlah syamil

Menyimak penjelasan Syamil, Dodo akhirnya bisa memahami apa itu lebaran. “Alhamdulillahhhh…makasih ya Syamil,,Akhirnya akuu…akuuu …mmm..aku…”sahut Dodo dengan menundukkan wajahnya. “”Kamu kenapa , Do??”Sudah paham betul belum??? Atau jangan-jangan kamu…??Tanya Syamil serius. “Aku …aku malu , Mil. Aku gagal paham, Mil. Hehehehe…” Jawab Dodo dengan lugunya.

“Haduhhh,,kamu ini gimana sih, Do?” sahut Syamil sembari menggeleng-gelengkan kepala dan tersenyum.

“Hahahaha…maaf, Syamil, aku pulang dulu yaa…makasih kultumnya tadi yaa,,Daadadaa..”sahut Dodo sembari berpamitan .”Loh, eh tapi kamu kan belum paham , Do?” “Gak kok Syamil…maaf, aku udah paham kok..maaf tadi kamu aku kerjain.Hehehehe..aku pulang dulu yaa, Assalamu’alaikum, Mil” Dodo pun berlari bergegas pulang sembari tertawa terbahak-bahak.

“Wa’alaikumsalam…uhh, dasar Dodo, kebiasaan!”Jawab Syamil dengan sedikit menggerutu.

Demikianlah Dongeng Anak Islami Lebaran Bukan Untuk Berpesta. Semoga bermanfaat.

Dongeng Anak Islami Lebaran Bukan Untuk Berpesta | Tukang Dongeng | 4.5