Cerita Legenda Ken Arok dan Ken Dedes

Cerita Legenda Ken Arok dan Ken Dedes. Mari kita simak Kisah Ken Arok dan Ken Dedes ini selengkapnya hanya di Kumpulan Dongeng Anak.

Legenda Ken Arok

dongeng ken arok, legenda ken arok, kisah ken arok dan mpu gandring, cerita ken arok ken dedes, cerita legenda ken arok, cerita ken arok lengkap, kisah ken arok dan ken dedes, kisah ken arok dan keris mpu gandring

Ken Arok
gambar via guru.or.id

Dewa Brahma memiliki seorang putra yang bernama Ken Arok. Sedangkan ibunya Ken Arok adalah Ken Ndok. Ketika masih bayi, Ken Arok dibuang oleh ibunya di sebuah desa, lalu ditemukan seorang pencuri yang bernama Lembong dan diasuh olehnya.

“Ada bayi disini, ibu mana yang tak punya hati membuang bayi yang masih polos disini?” kata Lembong.

Lembong menggendong bayi itu, ia mencari kesana-sini siapa tahu ibunya masih di sekitar sini, namun tidak juga ketemu. Akhirnya ia membawa pulang bayi itu dan merawatnya.

Baca juga : Dongeng Anak Paud Kesombongan Beruang

Waktu terus berjalan, tak terasa Ken Arok tumbuh menjadi pemuda yang gagah namun suka sekali berjudi, hutangnya dimana-mana. Setiap hari pasti ada orang yang datang kerumah untuk menagih hutang.

“Pergi kamu dari sini, anak tak tahu di untunh. Cepat pergi aku tak mau melihat mukamu dirumahku lagi” teriak Lembong usir Ken Arok.

Kemudian Ken Arok pergi dari rumah, lalu ia datang kerumah Bango Samparan dan tinggal disana. Kehidupannya pun semakin tak karuan, ia kini dikenal sebagai perampok ulung yang terkenal dan ditakuti.

Lohgawe datang ke tanah jawa untuk mencari titisan Wisnu, akhirnya ia bertemu dengan Ken Arok. Lohgawe membantu Ken Arok bekerja di istana dan menjadi pengawal Tunggul Ametung.

Sewaktu di istana, Ken Arok melihat seorang wanita cantik yang bernama Ken Dedes, ia adalah istri Tunggul Ametung. Nampaknya Ken Arok sudah sangat berhasrat untuk merebut Ken Dedes, walau ia sudah ditentang oleh Lohgawe.

Bango Samparan mempertemukan Ken Arok dengan Mpu Gandring, seorang yang ahli membuat keris pusaka. Rupanya Ken Arok bertekad untuk membunuh Tunggul Ametung dan merebut Ken Dedes.

“Aku butuh waktu satu tahun untuk membuat keris pusaka ini” ucap Mpu Gandring.

Karena Ken Arok tidak sabar menunggu satu tahun, baru 5 bulan pembuatan keris itu, Ken Arok mengambilnya dan tiba-tiba menusukkan keris itu ke Mpu Gandring, dengan tenaga yang tersisa, Mpu Gandring berucap.

“Terkutuklah kau Ken Arok, Keris itu akan membunuh tujuh orang lagi dan itu termasuk dirimu yang akan ikut terbunuh, itulah sumpahku!” ucap Mpu Gandring.

Baca juga : Cerita Rakyat Ande-Ande Lumut

Setelah itu, Ken Arok pergi menemui Kebo Ijo lalu menunjukkan keris itu kepadanya.

“Bagaimana menurutmu keris punyaku ini” kata Ken Arok.

“Keris yang bagus dan sangat wibawa sekali, boleh aku meminjamnnya?” tanya Kebo Ijo.

“Silahkan jika kamu ingin meminjam keris ini” Ken Arok setuju.

Penuh percaya diri Kebo Ijo memamerkan keris itu kepada rakyat dan seluruh pengawal kerajaan, ia tidak tahu bahwa itu adalah rencana licik Ken Arok. Kesempatan Ken Arok untuk mengambil keris itu dari Kebo Ijo, saat Kebo Ijo sedang mabuk, ia ketiduran. Ken Arok pun tak menyi-nyiakan kesempatan itu, ia langsung mengambil keris itu dan pergi.

Setelah itu, Ken Arok pergi sambil mengendap-endap ke kamar Tunggul Ametung dan membunuhnya ketika Tunggul Ametung sedang tertidur. Ken Dedes yang mengetahui kejadian itu kaget.

“Aku mencintaimu, Ken Dedes. Semua ini aku lakukan karena aku ingin memilikimu” Rayu Ken Arok.

Ken Dedes pun luluh oleh rayuan Ken Arok, itu karena dahulu Ken Dedes menikah dengan Tunggul Ametung karena terpaksa.

Keesokan harinya, kerajaan gempar dengan kematian Tunggul Ametung. Kebo Ijo yang dituduh membunuh Tunggul Ametung karena semua orang tahu bahwa keris itu miliknya dan Kebo Ijo dihukum mati. Ken Arok mengukuhkan dirinya sebagai akuwu baru di Tumapel dan menikahi Ken Dedes. Tidak ada satu orang pun yang berani menentang keputusan Ken Arok. Sedangkan Ken Dedes sedang mengandung anak dari Tunggul Ametung yang dinamakan Anusapati atau Panji Anengah.

Setelah terjadi perselisihan antara Raja Kediri dengan para Brahmana, para Brahmana pun memilih pindah ke Tumapel dan meminta perlindungan Ken Arok. Suatu kejadian yang kebetulan karena Ken Arok juga merencanakan untuk melawan Raja Kediri agar Tumapel lepas dari Kediri. Ken Arok mendapat dukungan dari para Brahmana dan menyarakan bahwa Tumapel adalah kerajaan yang merdeka.Ia bergelar Sri Rajasa Bhatara Sang Amurwabhumi sebagai raja pertama di Kerajaan Tumapel.

Salah satu anak Ken Arok yang bernama Anusapati heran, mengapa ia selalu di beda-bedakan dengan saudaranya, sebagai putra tertua ia merasa di anak tirikan. Pada suatu saat Anusapati bertanya kepada Ken Dedes, apakah ia anak kandung Ken Arok apa bukan. Awal mula Ken Dedes enggan memberi tahunya, namun setelah di desak Anusapati, Ken Dedes pun menceritakan semuanya. Bahwa ia bukan anak Ken Arok, ia adalah anak Tunggul Ametung yang tewas dibunuh Ken Arok.

Baca juga : Cerita Rakyat Joko Budug

Anusapati pun marah karena ayah kandung telah dibunuh oleh Ken Arok. Anusapati berniat ingin membalas kematian ayahnya, ia mencari keris Mpu Gandring yang disembunyikan. Akhirnya Anusapati berhasil menemukan keris itu dan menyuruh pembantunya untuk membunuh Ken Arok. Pada sore hari Ken Arok tewas ditusuk dari belakang, setelah itu Anusapati membunuh pembantunya untuk menghilangkan jejak.

Peristiwa ini terdapat dalam naskah Pararaton terjadi pada tahun 1247 M. (Sumber Referensi Wikipedia)

Demikianlah kisah ken arok dan keris mpu gandring. Semoga Bermanfaat.

Incoming search terms:

  • kumpulan dongeng dan cerita
  • cerita ken arok
  • cerita ken arok dan ken dedes
  • cerita rakyat ken arok dan ken dedes
  • kisah ken arok dan ken dedes
  • cerita ken arok ken dedes
  • Legenda ken arok
  • cerita rakyat ken arok
  • kisah ken arok
  • cerpen bobo terbagus
  • dongeng ken arok
  • gambar ken arok dan ken dedes
  • cerita legenda kendedes
  • cerita rakyat ken arok dan kendedes
  • legenda kendedes
  • ken arok dan ken dedes
  • cerita kenarok dan kandedes
  • cerita ken arok dan kendedes
  • cerita ken
  • kisah ken arok dan kendedes
Cerita Legenda Ken Arok dan Ken Dedes | Tukang Dongeng | 4.5