Cerita Anak Sholeh Harun Penyayang Binatang

Dongeng Anak Islami Harun Penyayang Binatang merupakan dongeng untuk anak yang bisa memberi contoh kepada anak agar menyayangi binatang dan menolong mereka. Baca kisah selanjutnya hanya di Kumpulan Dongeng Anak.

Dongeng Islami Untuk Anak

Di sebuah desa yang terpencil, ada sepasang penggembala suami istri. Mereka sangat menyayangi binatang ternak yang mereka gembalakan. Hingga pada suatu saat sang istri melahirkan seorang bayi mungil yang diberi nama Harun. Mereka sangat bahagia sekali karena sudah sekian lama mereka menunggu seorang anak dan Allah pun menganugerahi mereka seorang anak yang kelak akan menjadi harapan mereka.

Baca juga dongeng sebelum tidur Lila nyamuk penolong

Harun pun kini sudah beranjak dewasa dan selalu membantu kedua orang tuanya mengembala ternak, Harun merupakan anak yang cerdas karena ia cepat sekali belajar sesuatu yang baru, apalagi dalam hal mengembala kan ternak. Sang ayah pun sangat bangga memiliki putra yang rajin dan selalu patuh kepada kedua orang tua. Hingga pada suatu saat sang ayah jatuh sakit dan tidak bisa mengembala kan ternak.

“Harun anakku, ayah tidak bisa mengembala kan ternak karena sakit, maukah kamu mengembala kan ternak sendiri hingga ayah sembuh?” ucap sang ayah.

“Baiklah ayah, saya akan berusaha sebaik mungkin mengembalakan ternak-ternak ini.” jawab Harun.

Harun pun berangkat menggiring ternak-ternak ke lapangan luas di daerah dekat rumahnya. Sambil mengawasi sekitar barangkali ada ternak yang ketinggalan, Harun mengamati secara seksama agar tidak mengecewakan sang ayah. Ternak-ternak itu pun berkumpul di lapangan luas untuk mencari makan, ada yang berlarian bercanda dengan yang lainnya. Harun duduk di sebuah batu besar sambil mengawasi ternak-ternak itu, namun tiba-tiba ada sebuah keanehan, ternak-ternak itu tampak ketakutan. Rupanya ada seekor harimau yang mengamati mereka.

Baca juga dongeng kancil dan kera

Sadar ternak-ternak itu ketakutan, Harun langsung melompat kebawah dan pandangan Harun tertuju pada harimau itu.

“Wah, bahaya nih ada harimau. Aku harus tetap waspada”, ucap Harun.

Harimau itu tidak bergerak, ia hanya terdiam. Harun jadi penasaran apa yang terjadi dengan harimau itu. Pelan-pelan Harun mendekati harimau itu, ternyata harimau itu terluka dan tidak bisa berdiri.

“Ternyata harimau ini terluka, aku harus menolongnya”, ucap Harun.

“Hahhh..dia terkena panah diatas kakinya, kasihan sekali”, imbuhnya.

Tanpa berpikir panjang, Harun mendekati harimau itu dan mencabut anak panah yang menancap di kakinya. Harimau itu tampak kesakitan, Harun segera mencari daun-daun obat disekitar untuk mengobati luka harimau itu.

“Walaupun kamu sering memakan hewan-hewan ternak di daerah sini, Namun kamu tetaplah makhluk ciptaan Allah”, gumam Harun.

Harun mengambil selembar kain dan mengikat luka kaki harimau itu setelah diberi daun-daun obat agar tidak infeksi, harimau itu hanya terdiam. Tak terasa waktu sudah sore hari, saatnya Harun pulang bersama ternak-ternaknya.

Baca juga dongeng fabel harimau dan tupai

Setelah sampai dirumah, Harun menceritakan kejadian tadi kepada ayahnya. Sang ayanh pun senang sekali, ternyata Harun sangat menyayangi semua binatang.

Hikmah yang bisa di ambil dari dongeng ini adalah,

“Saling tolong menolong lah kamu terhadap sesama tanpa memandang suku, ras dan agama.”

Demikian cerita anak islami sebelum tidur, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

  • cerita anak menyayangi binatang
Cerita Anak Sholeh Harun Penyayang Binatang | Tukang Dongeng | 4.5