Cara Mendongeng Yang Benar Untuk Anak

Thursday, September 29th, 2016 - Dongeng Anak

Mendongeng adalah salah satu cara meningkatkan imajinasi anak dan mengembangkan ketrampilan berpikir pada anak.

Tips Mendongeng Untuk Anak

cara mendongeng untuk anak, cara mendongeng yang benar untuk anak, cara mendongeng untuk anak paud, cara mendongeng yang baik dan benar, mendongeng untuk anak, mendongeng untuk anak paud, teknik mendongeng

Mendongeng
gambar via pondokibu.com

Di dalam dunia dongeng, anak mendapatkan dunianya yang sangat menakjubkan. Dengan sebuah komunikasi, emosional anak bisa tercapai. Mendongeng bukan asal mendongeng, semua ada tata cara yang harus kita lakukan agar anak tidak bosan dan mengerti cerita yang kita sajikan. Karena dunia anak sangat berbeda dengan dunia kita para orang tua. Itulah mengapa jika anda mendongengkan sebuah cerita anak akan cepat bosan bahkan tidak tertarik dengan cerita yang anda dongengkan. Masuklah ke dalam dunia anak melalui kedekatan emosional lewat dongeng.

Dongeng bisa menjadi salah satu media dalam menyampaikan nasehat untuk anak, mengingat perkembangan yang sangat pesat teknologi sekarang ini, kita sebagai orang tua perlu waspada. Mungkin kita pernah berpikir, bahwa dongeng adalah cara kuno untuk menidurkan anak?., anggapan itu sangat salah. Dongeng bisa juga sebagai jembatan orang tua agar dekat dengan anak agar kasih sayang orang tua semakin erat.

Kita bisa menjadi jadi pendongeng yang baik dan handal untuk anak-anak kita. Karena mendongeng tak sesulit yang anda bayangkan, dengan ketrampilan berbicara dan bahasan yang produktif, dan diolah menjadi sebuah cerita yang bisa menjadi nasehat dan disenangi anak. Kita harus memberi nilai positif lewat cerita yang terkandung dalam dongeng.

Kapan waktu yang baik untuk mendongeng kepada anak?

Mendongeng lebih tepatnya jika anak menjelang tidur, karena bisa memberikan sebuah imajinasi kepada anak lewat dongeng tersebut dan akan menjadi sebuah mimpi indah untuk anak, Karena menurut pakar Psikologi, mimpi indah dapat memberikan efek positif untuk anak. Maka dari itu, mendongenglah dengan pesan-pesan moral kepada anak, sehingga mereka bisa mengingat pesan moral itu.

Selain itu bisa menambah kedekatan kepada anak dan menjadi relaksasi kita setelah seharian beraktivitas. Hilangkan sejenak pikiran-pikiran tentang pekerjaan anda dan luangkan waktu anda untuk anak. Mendongeng tidak perlu lama-lama, 20 menit saja cukup.

Apa yang dilakukan sebelum mendongeng?

Sebelum anda mendongeng, carilah tema dongeng yang menurut anda cocok. Pelajari perilaku tokoh dongeng tersebut, sehingga anak akan bisa masuk dalam cerita yang anda sajikan. Gunakan bahasa yang sederhana sehingga anak bisa memahami maksud cerita dongeng itu. Buat cerita yang sesingkat mungkin, karena bila terlalu panjang anak akan cepat bosan dan jangan lupa, walau cerita singkat namun pesan moral jangan sampai terlewatkan.

Teknik Mendongeng Yang Baik Untuk Anak.

Disini saya akan sampaikan tidak secara mendetail, namun inti dari cara mendongeng untuk anak yang berdasarkan pengalaman saya mengisi waktu luang dengan mendongengkan kepada anak-anak kelas 1 dan kelas 2 sekolah dasar. Saya kira cara mendongeng untuk anak paud bisa juga diterapkan dengan cara mendongeng ini. Berikut pembahasannya.

Pilihlah Tema Yang Anda Kuasai

Sebelum anda mendongeng, carilah tema cerita yang mudah untuk anda kuasai. Jangan sampai anda mendongeng secara spontan tanpa mengetahui karakter tokoh dalam dongeng tersebut. Contoh, anda mendongeng tentang kancil mencuri mentimun pak tani, anda harus bisa menjadi seperti tokoh kancil dan pak tani. Berilah kejutan-kejutan dalam cerita tersebut dan pertanyaan-pertanyaan yang akan membuat anak semakin penasaran. Dengan begitu, anak akan semakin kreatif dalam berpikir. Anda tidak perlu bingung mencari referensi dongeng, di internet banyak sekali blog-blog dongeng untuk anak yang bisa anda jadikan referensi, salah satunya adalah Kumpulan Dongeng Anak.

Rangkailah Semenarik Mungkin

Pada dasarnya, dongeng adalah sebuah cerita yang di dengarkan, maka anda harus pintar merangkai kata dalam mendongeng, jika anda mencari sumber referensi dongeng, usahakan buatlah bahasa yang menarik hati anak, jangan sama semua dengan sumber referensi anda. Sewaktu menirukan percakapan, usahakan suara anda dibuat berbeda dengan suara asli anda, anak sangat tertarik dengan suara-suara asing yang mungkin belum pernah mereka dengar. Untuk volume suara sesuaikan dengan karakter yang sedang anda ceritakan. Contoh, anda sedang menirukan percakapan raksasa, maka buatlah suara anda menjadi besar dan agak sedikit keras, namun masih dalam batas wajar, jangan terlalu keras.

Gerak Tubuh

Gerak tubuh sangat berpengaruh sekali dalam mendongeng. Bukankah terlalu membosankan bila mendongeng tanpa gerakan?. Bila anda mendongeng sambil berdiri, usahakan seluruh tubuh bergerak sesuai tema cerita dongeng itu, namun bila anda mendongeng sambil duduk, tangan saja sudah cukup untuk mewakili semuanya. Namun jangan sampai melakukan gerakan yang berlebihan, cukup dalam batas kewajaran saja, tidak perlu terlalu over dan dibuat-buat. Agar terlihat natural, masuklah anda dalam cerita dongeng tersebut, dengan sendirinya anda akan tahu gerakan mana yang akan anda tampilkan.

Ekspresi Wajah

Ini adalah yang paling vital menurut saya, mendongeng dengan ekspresi wajah yang datar akan membuat anak cepat bosan. Lakukan ekspresi wajah menurut cerita dongeng yang anda bawakan. Contoh, anda mendongeng cerita sedih, lakukan ekspresi wajah yang sedih dan mendalam. Sehingga anak akan terhanyut dalam cerita tersebut. Dengan begitu, anak akan menikmati dongeng anda dan tidak cepat bosan.

Jenis Cerita Dongeng

Seusaikan dengan umur anak dalam memilih cerita dongeng. Untuk anak Paud, ceritakan dongeng yang lucu, contoh dongeng tentang hewan atau dongeng fabel, dongeng tumbuhan, dongeng buah-buahan, dll. Untuk anak kelas 1 dan 2 Sekolah Dasar anda dapat mendongeng cerita sejarah, cerita rakyat, atau cerita kepahlawanan. Buat cerita menjadi singkat dan jelas, jangan terlalu panjang dan bertele-tele karena anak akan bosan dan tidak tertarik mendengar cerita selanjutnya. Tarik perhatian dengan dengan memberi pertanyaan kepada anak disela-sela waktu mendongeng. Dengan begitu anak akan menjadi aktif dan dongeng anda akan menjadi hidup di depan anak-anak. Jangan lupa di akhir dongeng, berilah pesan moral dan motivasi untuk anak.

Mungkin ini yang bisa saya berikan tentang teknik mendongeng yang baik untuk anak, semua ini berdasarkan pengalaman saya di dunia anak-anak. Mungkin banyak kekurangan cara mendongeng yang baik dan benar yang saya sajikan ini, namun apalah daya, saya hanya manusia yang penuh kekurangan. Paling tidak, point-point diatas adalah inti dari teknik mendongeng yang baik.

Baca juga : Pengertian Dongeng dan Manfaatnya Untuk Anak

Demikian sedikit tips mendongeng untuk anak, semoga bermanfaat untuk anda semua pengunjung setia blog ini. Khususnya para orang tua yang memiliki anak kecil. Sesibuk apapun pekerjaan kita, mari kita luangkan waktu untuk dekat dengan anak dengan mendongengkan sebelum tidur. Jangan sampai kesibukan menjadi jurang pemisah antara orang tua dan anak.

Incoming search terms:

  • cara mendongeng untuk anak paud
  • Cara mencaritakan dongeng kapada anak supaya anak dapat mendengarkan
  • cara mendongeng buat anak kecel
  • cara mendongeng yang baik
  • mengantisivasi anak yang suka bosan ketika mendengarkan cerita atau dongeng
  • www pendekatan yang perlu dilakukan sebelum mengepresiasikan cerita untuk anak
Cara Mendongeng Yang Benar Untuk Anak | Tukang Dongeng | 4.5